Tuesday, September 8, 2020

Strategi Tepat Telkom Menutup BLANJA.COM

Info Teknologi : PurnamaAcademy.com

Langkah Telkom menutup Blanja.com dan beralih ke segmen korporasi dan UMKM dianggap sudah tepat, utamanya dari aspek bisnis dan keuangan.
Menurut pengamat ekonomi digital Ignatius Untung, persaingan di ranah e-commerce yang dihadapi Blanja.com memang sangat ramai dan ketat.


"Totalnya ada 10 pemain lebih, di mana 5 di antaranya sudah cukup dominan dan butuh investasi besar untuk mengejarnya. Jadi dugaan saya Telkom berhitung dan mendapatkan hasilnya bahwa investasi di bidang itu Return On Investment (ROI) tidak sebaik ketika mereka masuk ke segment Business to Business (B2B) yang lebih sedikit pemainnya," ulasnya.

Diprediksinya dengan kekuatan Telkom bersama anak perusahaan, hubungan baik sesama BUMN dan akses ke pemerintah membuat bisnis B2B dan Business to Government (B2G) menjadi hitungan yang lebih masuk akal untuk operator tersebut.

"Saya melihat langkah keluar dari market Customer to Customer (C2C) marketplace ini bukan masalah mampu atau tidak mampu. Telkom dan eBay sebagai induknya Blanja.com punya uang untuk bisa bersaing. Hanya saja bisnis pada akhirnya kan tetang mana yang hitungannya lebih baik," tambah Ignatius yang juga Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (IdEA).

sumber : detik.com
Re-Quoted by : Purnama Academy IT & Management Training

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi halaman website kami, Jika ada pertanyaan terkait informasi di Atas silahkan isi Comment Box di bawah ini, Tim kami akan merespon komentar/ pertanyaan Anda paling lambat 2 x 24 Jam

Untuk respon cepat silahkan hubungi 0838-0838-0001 (Call/Whatsapp)

Regards,

Management,
www.purnamaacademy.com